Membuat Alat Permainan Edukatif sendiri
“ MANCING MANIA....
MANTAAPP..."
Bagi anak
bermain adalah bagian dari seluruh aktifitas kehidupannya. Seperti halnya
makanan, kasih sayang, perhatian maupun hal penting lainnya, bermain juga
merupakan sebuah kebutuhan, bukan sekedar pengisi waktu atau melakukan sesuatu
yang tidak berguna. Bermain
adalah unsur yang penting untuk perkembangan anak baik fisik, emosi, mental,
intelektual, kreatifitas maupun sosialnya. Anak tidak sekedar melompat,
melempar atau berlari saja, tetapi lebih dari itu. Melalui bermain mereka
menggunakan seluruh emosinya yang melibatkan perasaan dan pikirannya. Anak yang
mendapat kesempatan cukup untuk bermain, akan menjadi orang dewasa yang mudah berteman,
kreatif dan cerdas, bila dibandingkan dengan mereka yang masa kecilnya kurang
mendapat kesempatan bermain. Oleh
karena itu, penting kiranya bagi kita, sebagai orang tua maupun pendidik,
memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak untuk mengisi sebagian kehidupannya dengan belajar segala hal melalui bermain dan menyediakan sarana bermain dengan alat permainan yang edukatif, agar
perkembangan mereka dapat lebih optimal sesuai dengan usia dan masa
perkembangannya.
Alat permainan edukatif “Mancing Mania... Mantaapp...”
ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan kepada anak tentang salah satu jenis binatang
yang hidup di air. Dan dalam permainannya dapat diselipkan cerita tentang cara bergeraknya, cara bernafasnya dan cara
berkembangbiaknya. Sehingga anak akan dapat memahami dan mengerti tentang kehidupan binatang air secara alami, karena mereka melakukannya dengan tanpa tekanan / tanpa paksaan.
Manfaat yang diperoleh dari Alat
Permainan Edukatif “Mancing Mania...
Mantaapp...” ini adalah :
a. Melatih motorik halus. Dengan menebalkan, memberi warna dan menggunting
gambar ikan, memberi manfaat pada pelatihan jari jemari tangan anak, agar tidak
kaku dan menjadi lebih lentur.
b. Menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan diberi kesempatan untuk menentukan pola dan
warna yang mereka inginkan, akan memupuk rasa kepercayaan dirinya, bahwa mereka
mampu dan bisa melakukan sendiri dengan baik.
d. Melatih daya kreasi dan seni anak. Dengan mewarna dan menciptakan pola-pola tertentu sesuai daya imajinasi anak, akan memberi kesempatan pada
berkembangnya daya kreasi dan seni anak.
e. Menumbuhkan pengembangan sosial
emosional. Dengan bermain bersama akan
melibatkan kemampuan sosial dan emosi anak, sehingga anak akan belajar
bagaimana untuk dapat diterima oleh teman-temannya dan dapat bermain bersama
dengan menyenangkan.
f. Mengasah penguasaan kognitif
bahasa. Dengan pengenalan bentuk, berbagai
macam warna, dan berbagai bahan serta fungsi masing-masing bahan permainan,
akan menambah perbendaharaan bahasa anak, kemudian dengan bermain bersama anak
akan belajar berkomunikasi, memahami pembicaraan orang lain dan belajar
mengungkapkan isi hati dan pikirannya.
g. Melatih konsentrasi dan daya imajinasi anak. Dengan
menebalkan dan menggunting akan melatih konsentrasi anak untuk memusatkan
perhatiannya pada satu kegiatan serta menumbuhkan daya imajinasinya.
ASPEK yang dapat dikembangkan dalam permainan ini adalah :
a) Motorik halus
b) Kognitif
c) Kreasi & Seni
d) Sosial Emosional
e) Bahasa
CARA PEMBUATAN APE "MANCING MANIA... MANTAAPP...."
I. BAHAN
Bahan yang
digunakan adalah:
a) Kertas HVS d). Magnet
b) Lidi / potongan buluh e). Streples No. 3
c)
Benang bol /
senar f). Isolasi bening
II. ALAT
Alat yang
dipakai adalah :
a) Pensil c). Gunting
b) Crayon / pensil warna d). Ember / bak air
III. CARA PEMBUATAN
Tugas Bunda
:
a) Kertas HVS di bagi 2 bagian (1 lembar HVS untuk 2
anak).
b) Buat pola ikan dengan garis putus-putus untuk ditebali
anak-anak, sebanyak 8 (delapan) pola.
c) Potong lidi dan benang / senar secukupnya, disesuaikan
dengan kebutuhan anak-anak.
d) Setelah pola ikan di tebalkan dan diwarnai, untuk
tetap menjaga agar ikan tidak basah saat dimasukkan dalam air, maka pola yang
sudah di buat dilaminating terlebih dahulu.
e) Menjepret dengan streples ujung gambar ikan (bagian
mulutnya) yang sudah jadi.
f) Menyiapkan ember besar untuk diisi air.
Tugas Anak :
Pertemuan I
: a).
Menebalkan garis putus-putus sesuai pola
ikan.
b). Mewarnai
atau memberi pola pada ikan sesuai keinginan.
Pertemuan II
: a). Menggunting
gambar ikan yang sudah jadi / sudah dilaminating.
b). Memasang benang / senar di salah satu ujung
lidi / potongan buluh.
c). Memasang
magnet di ujung benang yang lain.
d). Memancing bersama.
Lagu pengiring
adalah “ LIHAT IKANKU”
Lirik : Lihat-lihat
itu ikanku, lari-lari tak jemu-jemu
Kuning merah warnanya indah, itu ikanku dari ayah
GREAT..SUBHANALLAH...
BalasHapus