Rabu, 20 Juni 2012

MEMBUAT APE SENDIRI


Membuat Alat Permainan Edukatif sendiri
“ MANCING MANIA.... MANTAAPP..."
Bagi anak bermain adalah bagian dari seluruh aktifitas kehidupannya. Seperti halnya makanan, kasih sayang, perhatian maupun hal penting lainnya, bermain juga merupakan sebuah kebutuhan, bukan sekedar pengisi waktu atau melakukan sesuatu yang tidak berguna. Bermain adalah unsur yang penting untuk perkembangan anak baik fisik, emosi, mental, intelektual, kreatifitas maupun sosialnya. Anak tidak sekedar melompat, melempar atau berlari saja, tetapi lebih dari itu. Melalui bermain mereka menggunakan seluruh emosinya yang melibatkan perasaan dan pikirannya. Anak yang mendapat kesempatan cukup untuk bermain, akan menjadi orang dewasa yang mudah berteman, kreatif dan cerdas, bila dibandingkan dengan mereka yang masa kecilnya kurang mendapat kesempatan bermain. Oleh karena itu, penting kiranya bagi kita, sebagai orang tua maupun pendidik, memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak untuk mengisi sebagian kehidupannya dengan belajar segala hal melalui bermain dan menyediakan sarana bermain dengan alat permainan yang edukatif, agar perkembangan mereka dapat lebih optimal sesuai dengan usia dan masa perkembangannya.
     Alat permainan edukatif  “Mancing Mania... Mantaapp...” ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan kepada anak tentang salah satu jenis binatang yang hidup di air. Dan dalam permainannya dapat diselipkan cerita tentang cara bergeraknya, cara bernafasnya dan cara berkembangbiaknya. Sehingga anak akan dapat memahami dan mengerti tentang kehidupan binatang air secara alami, karena mereka melakukannya dengan tanpa tekanan / tanpa paksaan.
Manfaat yang diperoleh dari Alat Permainan Edukatif “Mancing Mania... Mantaapp...” ini adalah :
a.  Melatih motorik halus. Dengan menebalkan, memberi warna dan menggunting gambar ikan, memberi manfaat pada pelatihan jari jemari tangan anak, agar tidak kaku dan menjadi lebih lentur.
b.   Menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan diberi kesempatan untuk menentukan pola dan warna yang mereka inginkan, akan memupuk rasa kepercayaan dirinya, bahwa mereka mampu dan bisa melakukan sendiri dengan baik.

d.   Melatih daya kreasi dan seni anak. Dengan mewarna dan menciptakan pola-pola tertentu sesuai daya imajinasi anak, akan memberi kesempatan pada berkembangnya daya kreasi dan seni anak.
e.   Menumbuhkan pengembangan sosial emosional. Dengan bermain bersama akan melibatkan kemampuan sosial dan emosi anak, sehingga anak akan belajar bagaimana untuk dapat diterima oleh teman-temannya dan dapat bermain bersama dengan menyenangkan.
f.    Mengasah penguasaan kognitif bahasa. Dengan pengenalan bentuk, berbagai macam warna, dan berbagai bahan serta fungsi masing-masing bahan permainan, akan menambah perbendaharaan bahasa anak, kemudian dengan bermain bersama anak akan belajar berkomunikasi, memahami pembicaraan orang lain dan belajar mengungkapkan isi hati dan pikirannya.
g.   Melatih konsentrasi dan daya imajinasi anak. Dengan menebalkan dan menggunting akan melatih konsentrasi anak untuk memusatkan perhatiannya pada satu kegiatan serta menumbuhkan daya imajinasinya.

ASPEK yang dapat dikembangkan dalam permainan ini adalah :
a)    Motorik halus
b)   Kognitif
c)    Kreasi & Seni
d)    Sosial Emosional
e)    Bahasa

CARA PEMBUATAN APE "MANCING MANIA... MANTAAPP...."

I.     BAHAN
Bahan yang digunakan adalah:
a)     Kertas HVS                                                 d).  Magnet
b)     Lidi / potongan buluh                                    e).  Streples No. 3
c)      Benang bol / senar                                       f).  Isolasi bening

II.   ALAT
Alat yang dipakai adalah :
a)     Pensil                                                         c).  Gunting
b)     Crayon / pensil warna                                   d).  Ember / bak air            


III. CARA PEMBUATAN
Tugas Bunda :
a)     Kertas HVS di bagi 2 bagian (1 lembar HVS untuk 2 anak).
b)     Buat pola ikan dengan garis putus-putus untuk ditebali anak-anak, sebanyak 8 (delapan) pola.
c)   Potong lidi dan benang / senar secukupnya, disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.
d)     Setelah pola ikan di tebalkan dan diwarnai, untuk tetap menjaga agar ikan tidak basah saat dimasukkan dalam air, maka pola yang sudah di buat dilaminating terlebih dahulu.
e)     Menjepret dengan streples ujung gambar ikan (bagian mulutnya) yang sudah jadi.
f)      Menyiapkan ember besar untuk diisi air.
Tugas Anak :
Pertemuan I :    a). Menebalkan garis putus-putus sesuai pola ikan.
b). Mewarnai atau memberi pola pada ikan sesuai keinginan.
Pertemuan II :   a).  Menggunting gambar ikan yang sudah jadi / sudah dilaminating.
b).  Memasang benang / senar di salah satu ujung lidi / potongan buluh.
c).  Memasang magnet di ujung benang yang lain.
d).  Memancing bersama.

Lagu pengiring adalah  “ LIHAT IKANKU”
Lirik :    Lihat-lihat itu ikanku, lari-lari tak jemu-jemu
Kuning merah warnanya indah, itu ikanku dari ayah

1 komentar: